Makanan Untuk Buka Puasa Selain Gorengan

Gorengan seakan menjadi menu wajib untuk berbuka puasa, padahal banyak makan gorengn tentu ridak baik bagi kesehatan, apalagi yang di beli di pinggir jalan. Makanan tradisonal dari berbagai daerah berikut ini bisa menjadi alternatif pengganti gorengan untuk berbuka puasa.


1.Kue Bingka (Banjarmasin)

Kue Bingka merupakan jenis kue basah yang berasal dari Kalimantan Selatan. Kue ini memiliki tekstur yang lembut karena terbuat dari telur bebek, tepung dan santan. Kue ini juga memiliki rasa yang variatif seperti tape, nangka, keju dan kelapa muda. Di kota asalnya, kue ini sangat gampang dijumpai, pasalnya kue ini menjadi salah satu primadona saat bulan Ramadhan.

2.Kue Padamaran (Jambi)

Kue Padamaran adalah kue basah yang identik dengan warna hijau. Kue ini memiliki tekstur lembut dan gurih seperti bubur sumsum. Kue khas Jambi ini terbuat dari tepung beras, gula merah, kuah santan serta perasan air daun suji. Bagi orang awam, Kue Padamaran sangat menyerupai Bubur Sumsum. Perbedaanya adalah warnanya yang hijau dan peletakan gula aren yang berada di atas dan di bawah wadah.

3.Kue Kicak (Yogyakarta)

Kue Kicak khas Yogyakarta bisa menjadi makanan yang pas untuk disantap saat berbuka puasa. Kue yang terbuat dari beras ketan ditambah parutan kelapa dan nangka ini kerap hadir saat bulan puasa. Rasanya yang manis dan gurih sangat pas untuk memanjakan lidah Anda yang telah menahan haus dan lapar selama seharian penuh. Kue ini selalu hadir selama bulan Ramadhan, tak hanya masyarakat Yogyakarta yang tertarik dengan kue ini, bahkan masyarakat dari daerah lain pun tertarik untuk mencicipinya.

4. Kue Balok (Garut)

Kue yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Ya, Kue Balok adalah makanan kas Jawa Barat yang berasal dari Garut. Kue ini sangat terkenal mengenyangkan karena teksturnya yang sangat padat. Ada baiknya jika Anda membawa kopi hitam atau teh manis hangat untuk menjadi teman menyantap kue ini. Kue ini memiliki bnetuk yang sederhana menyerupai balok dengan panjang 7 sentimeter dengan rasa renyah dan gurih di luar, namun lembut dan manis di dalam.

5.Kue Klepon

Kue yang satu ini sangat sering dijumpai di mana saja. Makanan tradisional Indonesia ini termasuk dalam jenis jajanan pasar yang paling mudah ditemui. Makanan ini berbahan dasar tepung beras ketan yang dibentuk menyerupai bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah. Kelepon yang sudah matang disajikan dengan parutan kelapa dan diletakkan dalam wadah yang terbuat dari daun pisang. Di Sumatera dan Malaysia, kue ini disebut dengan Onde-onde.

(Sumber: okefood)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan Untuk Buka Puasa Selain Gorengan"

Post a Comment