Wisata Kuliner Bandung Terkenal

Bandung memang dikenal dengan pusat belanja, namun urusan wisata kuliner, Bandung juga tidak kalah mentereng. Wisata kuliner Bandung murah meriah bisa anda temui di setiap sudut kota Bandung. Kuliner bandung terkenal ke seluruh penjuru tanah air, sehingga tidak sulit bagi kita untuk menemukan makanan yang cocok bagi lidah kita. Dari menu berat hingga menu jajanan bandung, sudah familiar di lidah kebanyakan orang. Masalah harga, anda tidak perlu khawatir, kuliner bandung murah juga tersebar di kota mode ini.

Berikut beberapa kuliner bandung yang terkenal yang bisa anda temui.

Wisata Kuliner Bandung Terkenal

Serabi

Serabi yang klasik biasanya hanya berisi kue serabi dan siraman yang berupa campuran santan dan gula merah. Rasanya manis bercampur gurih. Namun, beberapa tempat di Bandung, menyuguhkan serabi dengan lebih banyak topping, dari yang manis sampai yang asin. Kalau mau menikmati serabi dengan beragam topping, Anda bisa mengunjungi kuliner Soerabi Enhaii di Jl. Setiabudi, Bandung, dekat dengan kampus NHI.

Martabak

Penganan lain yang sama terkenalnya dengan surabi adalah martabak. Di Bandung, martabak yang bercita rasa manis, lebih terkenal dibanding yang asin. Tempat yang menjual martabak sudah tersebar di beberapa lokasi di Bandung untuk memanjakan lidah para Anda.
Salah satu yang memiliki nama besar adalah Martabak San Fransisco. Martabak Fransisco memiliki empat kategori martabak; spesial, biasa, medium, dan tipis.
Untuk martabak spesial, telur yang digunakan lebih banyak. Sedangkan, untuk yang medium perbedaan terletak pada ukurannya yang lebih kecil dibanding dengan martabak spesial dan martabak biasa.
Sementara itu, untuk martabak tipis adalah martabak yang adonannya dibuat crispy seperti pinggiran martabak manis yang biasa. Untuk pilihan topping tentu saja banyak variasinya. Anda bisa mengunjungi Martabak San Fransisco di Jl. Burangrang No. 42, Bandung.

Batagor

Penganan lain walau cita rasanya tidak manis, namun kelezatannya selalu diburu: batagor. Merupakan singkatan dari bakso – tahu – goreng, batagor di Bandung biasanya hanya terdiri dari dua jenis; siomay dan tahu. Siomay dan tahu akan digoreng sampai kering, kemudian disajikan dengan bumbu kacang yang bisa langsung disiram ke batagor, atau diletakkan di pinggir piring untuk kemudian dicocol.

Di Bandung, Anda bisa menemukan banyak sekali penjaja batagor. Namun, yang terkenal di Bandung adalah Batagor Riri dan Batagor Kingsley. Batagor Riri yang sudah berdiri sejak tahun 1985 bisa ditemui di Jl. Burangrang. Sedangkan Batagor Kingsley dengan batagor andalannya yang empuk bisa ditemui di Jl. Veteran.

Mie kocok

Selain jajanan yang manis dan gurih, Bandung juga memiliki jajanan berkuah yang sama terkenalnya, Mie Kocok. Makanan berkuah ini memang salah satu jajanan yang wajib Anda cicipi.

Salah satu tempat mi kocok yang akan direkomendasikan jika Anda bertanya ke warga Bandung adalah Mie Kocok Mang Dadeng. Mie kocok berisi mi pipih panjang, tauge, kikil sapi, kemudian disiram dengan kuah kaldu dan dilengkapi dengan bawang goreng dan seledri. Mie Kocok Mang Dedeng buka sampai malam dan bisa ditemui di Jl. Banteng No. 67, Bandung.

Es oyen

Menikmati penganan khas Bandung, belum lengkap rasanya jika tidak didampingi dengan yang menyegarkan dahaga. Es oyen merupakan minuman yang sudah dijajakan sejak tahun 1950-an di sekitar kawasan Jl Bungsu, atau sekarang lebih dikenal dengan Jl. Veteran.
Penampilan es oyen memang mirip dengan es campur, namun bahan-bahan yang digunakan untuk es oyen agak berbeda dengan es campur. Nama es oyen tidak hanya terkenal di Bandung, di luar Bandung pun es ini tetap laris manis.
ran.

(viva.co.id)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata Kuliner Bandung Terkenal"

Post a Comment