Tips Cara Menghias Kue Ulang Tahun

Tips Cara Menghias Kue Ulang Tahun - Untuk bisa menikmati kue yang lezat dengan tampilan menggoda selera, kita bisa membuatnya sendiri. Yang penting tahu caranya dan tahu bahan-bahan apa yang bisa dipakai untuk menghias kue.

Untuk mengetahui bagaimana caranya, memang dibutuhkan keterampilan tersendiri. Menghias kue merupakan tahap penyelesaian dari proses pembuatan kue. Hasilnya harus sama baiknya dengan rasa kue itu sendiri.

Tips Cara Menghias Kue Ulang Tahun

Tujuan menghias kue adalah untuk menarik perhatian orang. Pada saat bersamaan, juga untuk menunjukkan rasa, tekstur.

''Cake apapun bisa dihias, tidak harus lapis malang atau black forest,'' kata Budi Wijaya dari Mira Bakery and Cake Supplier. Menurutnya, banyak cara bisa digunakan untuk menghias kue.

Mulai dari mengoleskan butter cream, icing plastic, atau marzipan. Bisa juga dengan cara yang sederhana. Seperti menaburkan gula bubuk, coklat bubuk atau kayu manis bubuk ke atas cake yang sudah dingin. Atau dengan menggunakan dekorasi tambahan. Seperti bunga, mainan, lampu, pita, patung, dan masih banyak lagi.

Menurut Budi, setiap kue akan memiliki hiasan berbeda, tergantung kebutuhan. Kalau untuk kue pernikahan biasanya menggunakan hiasan krim dan bunga. ''Kalau untuk kue ulang tahun anak-anak diberikan dekor mainan,'' jelas dia.

Kuenya pun dihias senada dengan mainan. Uniknya, hiasan untuk kue ulang tahun selalu berbeda dari waktu ke waktu. Yakni mengikuti film yang sedang tren. '

Penutup kue
Butter cream merupakan campuran mentega dan gula halus. Seringkali ditambahkan bahan lain semisal susu. Penggunaannya dengan cara dioleskan atau disemprot. Karena mengandung mentega, butter cream bisa mencair dalam panas.

Ada juga bahan yang tidak akan mencair, yang merupakan campuran gula, gelatin dan sirup jagung. Seperti marzipan dan icing plastic. Penggunaan keduanya hampir sama. Berupa lembaran dan bisa dicetak untuk menghasilkan bentuk tertentu.

''Bedaya, marzipan mengandung almond sehingga lebih lunak sedangkan icing keras karena dari gula,'' jelas Budi. Karena itu marzipan cenderung gampang pecah kalau dibuat untuk membungkus. Sehingga dibutuhkan keahlian khusus.

Tapi, dari sisi rasa, marzipan lebih enak. Karena itu harganya pun lebih mahal. ''Biasanya marzipan dipakai untuk kue-kue buatan hotel,'' kata dia.

Orang menyukai penggunaan marzipan atau icing karena memberikan kesan mewah. Selain itu, ia bisa mengikuti bentuk kue. ''Sehingga bentuk kue pun menjadi bagus dan kalau membuat suatu bentuk tampak lebih riil dibanding butter cream,'' jelas Budi.

Butter cream sendiri memang bisa dibuat ukiran atau bentuk-bentuk tertentu. Tapi menurutnya, dibutuhkan keahlian khusus dalam menghias kue menggunakan krim. ''Harus sabar, kalau tidak akan susah,'' tegasnya.

Selain dioles dengan krim atau marzipan, dekorasi tambahan bisa diberikan. Dekorasi tambahan ini bisa berupa patung, bunga, mainan atau pernak-pernik lainnya sesuai kebutuhan. Dekorasi bisa terbuat dari plastik, fiber, gula, dan gabus.

Dulu, lanjut Budi Wijaya dari Mira Bakery and Cake Supplier, bahan dekorasi dibuat dari gips. Tapi, karena berat, bahan ini jadi merusak kue. Kue yang dihias biasanya memiliki tema tersendiri.

''Misalnya kalau untuk pernikahan perak, ditambahkan dekorasi bernuansa perak,'' contohnya. Untuk menambah kesan tematis, biasanya ditambahkan background yang terbuat dari styrofoam.

Menghias kue memang tidak mudah, terutama bagi pemula. Diperlukan keahlian dan kesabaran. Salah satu tolok ukur baik tidaknya hiasan kue, adalah hasil hiasan yang rapih. Baik itu dengan menggunakan krim maupun hiasan lembaran.

Ketepatan dan kejelian sangat penting. Semua ini hanya akan diperoleh melalui latihan. Sebuah cake yang lebih indah tapi memiliki kerapihan hiasan, akan tampak lebih baik daripada yang ramai dekorasi tapi tidak rapih.(rol)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Cara Menghias Kue Ulang Tahun"

Post a Comment