Kuliner Khas Jogja Yang Harus Dicoba

Jogjakarta merupakan kota yang terkenal dengan sebutan “kota pendidikan” dan merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan asing maupun domestik. Tak hanya itu Jogja juga terkenal dengan kuliner-kuliner yang menggiurkan dan pastinya menggoda selera anda untuk segera mencicipinya. Berikut ini Kuliner Khas Jogja Yang Harus Dicoba.



Gudeg

Siapa yang tak kenal kuliner top khas Yogyakarta ini? Anda belum ke Yogya jika belum mencicipi Gudeg. Gudeg merupakan makanan yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan bumbu dan santan selama berjam-jam.  Selain nangka, gudeg biasanya diberi tambahan tahu, tempe, telur dan suwiran ayam serta sambal goreng krecek. Rasanya yang enak, gurih dan legit membuat gudeg menjadi makanan favorit dan terkenal di Yogyakarta. Salah satu penjual gudeg yang tenar di Yogyakarta yaitu Gudeg Yu Djum yang terletak di Jalan Wijilan.

Bakmi Jawa

Bakmi Jawa terdiri dari dua macam mie, yaitu mie kuning basah dan bihun. Bakmi Jawa biasanya dimasak dengan menggunakan Anglo dan itu menjadikan Bakmi Jawa memiliki cita rasa yang berbeda. Disajikan beserta telur, taburan bawang goreng dan seledri membuat makanan khas Yogja ini terasa gurih. Tak sulit menemukan Bakmi Jawa ini, karena kuliner satu ini banyak dijual dipinggir jalan-jalan di Yogyakarta.

Sate Klathak

Sate Klathak merupakan makanan legendaris di Yogyakarta. Sate ini sangat unik karena tusuknya menggunakan jeruji sepeda yang terbuat dari besi. Sate Klathak dibuat dari daging kambing muda yang hanya diberi taburan garam dan sedikit merica, lalu dipanggang. Tanpa tambahan kecap serta bumbu lainnya membuat kesegaran asli dari dari daging kambing sangat terasa dan itu merupakan ciri khas Sate Klathak. Sate ini banyak ditemukan di daerah Bantul dn sangat cocok dimakan bersama nasi putih yang diberi kuah.

Sego Pecel Bu Wiryo

Sego artinya nasi, dan pecel adalah sayuran dengan bumbu kacang. Meski sederhana, Sego Pecel ini sangat nikmat dan membuat anda ingin menyantapnya kembali. Sego Pecel ini berisi sayur-sayuran dengan taburan kuah kacang yang manis dan pedas. Selain itu juga disediakan pilihan lauk seperti telur mata sapi, bakwan, sate telur serta tahu dan tempe. Sego Pecel Bu Wiryo belokasi di kompleks Universitas Gadjah Mada (UGM) tepatnya di utara Fakultas Peternakan. Berdiri sejak tahun 1959 membuat tempat ini menjadi tempat nostalgia para alumni kampus UGM.

Oseng-oseng Mercon

Dari namanya saja sudah terbayang rasa pedasnya. Ya, Oseng-oseng Mercon memang patut dicoba jika anda pecinta masakan pedas. Oseng-oseng ini merupakan daging sapi, gajih, kulit, kikil, tulang muda yang dioseng-oseng dengan cabe rawit sehingga menimbulkan aroma yang kuat. Nasi putih yang hangat merupakan teman yang pas kala menyantap oseng Mercon ini. Anda bisa mencobanya di warung tenda Oseng Mercon Bu Narti di Jalan KH Ahmad Dahlan. Oseng Mercon Bu Narti ini  merupakan warung Oseng Mercon yang terkenal di Yogyakarta.

Limas kuliner Jogja yang kami sampaikan diatas merupakan kuliner khas Jogja yang paling sering di cari oleh wisatawan ketika berkunjung ke Jogja. Dan masih banyak lagi kuliner Jogja yang tidak kalah menarik dari lima menu diatas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kuliner Khas Jogja Yang Harus Dicoba"

Post a Comment