Resep Nasi Lemak Dan Perbedaan Dengan Nasi Uduk

RAGAMKULINER.COM, - Tahukah Anda beda nasi lemak dengan nasi uduk? Perbedaan keduanya bisa terlihat dari beberapa hal.

Resep Nasi Lemak Dan Perbedaan Dengan Nasi Uduk

Menurut Chef Michael Irawan dari Beras Merah Resto, membedakan nasi lemak Melayu dengan nasi uduk Betawi cukup dari aromanya. Nasi lemak menggunakan kayu manis dan serai sedangkan nasi uduk menggunakan bumbu lebih beragam, tergantung asalnya; apakah Palmerah, Kebon Kacang, Pulogadung, Klender, atau lainnya.

“Berbeda-beda karena sebenarnya di daerah masing-masing terdapat kantong-kantong Betawi priyayi, halus, atau pinggiran," jelasnya kepada Okezone di Beras Merah Resto, Plaza Indonesia, Jakarta, Senin (30/4/2012).

Chef Michael memaparkan, nasi uduk asli Betawi memiliki pengaruh rasa dari setiap wilayah. Menurutnya, hal itu disebabkan setiap wilayah memiliki cita rasa yang berbeda.

"Betawi halus itu dipengaruhi Arab, selain diberikan yang dua tadi yaitu kayu manis dan serai, ada juga yang diberi kapulaga, cengkeh, itu untuk bagian Betawi pinggiran, tetapi kalau di daerah Rawa Belong, mereka tidak terlalu kompleks, kayu manis dan serai sudah cukup," tambahnya.

Selain memiliki cita rasa berbeda, dari penambahan isi saja, Chef Michael mengatakan sudah jelas terlihat perbedaan yang mencolok antara nasi lemak dengan nasi uduk.

"Nasi uduk Indonesia dipengaruhi makanan Sunda, kalau nasi lemak ada pengaruh Melayu. Nasi lemak ada rendang, telur dibelah dua, sambal blacan, ikan asin kering. Sementara, nasi uduk kita ada ayam goreng dan semur. Semur ada pengaruh kolonial, yang datang dari peranakan," tutupnya.

Berikut resep nasi lemak sederhana yang bisa anda coba dirumah.

Bahan Nasi Lemak :

Beras, 250 gram, cuci bersih
Santan kental, 100 ml
Santan cair, 200 ml
Bawang putih, 3 siung, haluskan
Jahe, 3 cm, memarkan
Daun pandan, 1 lembar, simpulkan
Garam, secukupnya
Minyak goreng, 3 sendok makan

Bahan Sambal :

Cabai merah, 10 buah
Cabai rawit merah, 10 buah
Bawang putih, 2 siung
Bawang merah, 5 butir
Daun pandan, 1 lembar
Gula pasir, 1/2 sendok teh
Garam, secukupnya
Lengkuas, 1 cm, memarkan

Cara memasak Nasi Lemak :

Nasi Lemak : Campur santan cair dengan beras, masukkan bawang putih, jahe, garam dan daun pandan. Aduk rata, masak hingga santan berkurang setengahnya. Tuang santan kental, masak hingga santan menyusut. Angkat, kukus nasi hingga matang, angkat.
Sambal lemak : Haluskan semua bahan, panaskan minyak, tumis hingga harum dan matang, angkat.
Sajikan nasi lemak dengan sambal.

Untuk 2 porsi Nasi Lemak

(Sumber : kaskus/okefood)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Nasi Lemak Dan Perbedaan Dengan Nasi Uduk"

Post a Comment