Tips Membuat Sambal Terasi Enak

RAGAMKULINER.COM, - Sambal terasi merupakan resep masakan indonesia yang khas. Orang bilang lain tangan, lain pula rasa sedap sambal. Karenanya cara menghaluskan cabai pegang peranan penting untuk kesedapan sambal. Seperti sambal terasi. Terlihat sederhana, padahal perlu trik agar sambal jadi sedap!

Tips Membuat Sambal Terasi Enak
Gambar : vemale.com

Untuk membuat sambal terasi yang enak, lakukan langkah-langkah berikut:

1. Bahan
Siapkan cabai merah keriting, cabai rawit merah, garam, dan terasi. Sesuaikan jumlah cabai dengan tingkat kepedasan yang diinginkan.

2. Cabai
Pilihlah cabai merah keriting yang segar dan tak ada bagian yang busuk. Bisa juga memakai cabai rawit merah dan cabai rawit hijau. Atau campur cabai merah keriting dengan cabai rawit merah untuk rasa lebih segas pedas menggigit. Buang tangkainya dan cuci bersih.

3. Ulekan pertama
Potong-potong cabai ukuran agak kecil sehingga mudah dihaluskan. Tekan dan dorong cabai di dalam ulekan hingga memar. Gerakan ini berguna mengeluarkan jus cabai. Agar lebih banyak jus yang keluar tambahkan sedikit garam dan ulek kembali.

4. Ulekan akhir
Ulek hingga biji cabai halus dan semua cabai tergiling halus. Setelah itu, tambahkan terasi, ulek hingga tercampur rata. Jika suka, tambahkan sedikit air jeruk nipis, aduk rata.

5. Pelengkap
Siapkan lalapan segar seperti tomat, timun, kemangi dan daun selada. Cuci bersih lalu potong-potong dan susun. Sajikan bersama sambal terasi. Sambal terasi harus segera dimakan. Jika dibiarkan terlalu lama akan berair dan kurang sedap.

Manu masakan yang satu ini memang tidak boleh ketinggalan bagi kebiasaan makan orang Indonesia. Masakan Indonesia yang beraneka ragam tak membuat popularitas sambal terasi surut, malah justru membuat menu masakan ini menjadi semakin digemari.

Sumber : detikfood

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Membuat Sambal Terasi Enak"

Post a Comment