Tongseng Codhot Dan Bajing, Berani Coba?

RAGAMKULINER.COM, - Tongseng Codhot Dan Bajing, Berani Coba? - Kuliner Jogja yang satu ini sedikit membuat orang cukup ngeri jika melihat hwannya. Namun ketika sudah dioleh menjadi makanan, tidak hanya rasanya yang enak, tapi juga berkhasiat bagi tubu. 

Tongseng Codhot Dan Bajing, Berani Coba?

Inspirasi Romiyati memilih codhot (kelelawar) dan bajing (tupai) menjadi bahan makanan berasal dari upayanya menangkap beberapa dari kawanan mereka yang merusak hasil panen kelapa, aren, dan buah-buahan. Codhot dan bajing merupakan hama yang dinilai meresahkan penduduk sekitar, kebetulan suami Romiyati mempunyai hobi berburu hama-hama tersebut, hal inilah yang mendasari untuk membuka warung makan dengan menu khas codhot dan bajing.

Romiyati lebih sering menyajikan menu utama warung makannya dengan dimasak tongseng, karena olahan ini yang paling digemari. Tongseng codhot selain rasanya yang khas, juga diyakini mampu menyembuhkan penyakit asma. Sedangkan, tongseng bajing dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan tongseng emprit mampu menambah stamina dan penyembuh asam urat. 

Cara masaknya hampir sama dengan daging lainnya atau ayam. Setelah dikuliti dan dibersihkan, kemudian dagingnya direbus hingga empuk, lalu potong kecil-kecil dagingnya (dipisahkan dengan tulang) kemudian dimasak dengan menggunakan sedikit air. Setelah mendidih, cukup tambahkan bumbu ketumbar, bawang merah, bawang putih dan merica yang telah dihaluskan. Berikan garam, penyedap rasa dan kecap lalu tunggu hingga kuah meresap. Hidangan tongseng pun siap disajikan.

Tongseng Codhot Dan Bajing merupakan salah satu wisata kuliner Jogja yang cukup unik. Anda bisa mnumpainya di Lokasi: Jl. Bantul Km 5,5 Yogyakarta.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tongseng Codhot Dan Bajing, Berani Coba?"

Post a Comment