Resep Kue Serabi Kuliner Khas Solo

Resep Kue Serabi Solo - Kuliner solo yang satu ini memang cukup melegenda. Serabi solo merupakan kuliner khas Solo yang berselera jajanan pasar. Rasanya yang manis dan gurih membuat para wisatawan yang berkunjung ke kota solo pasti tidak mau ketinggalana untuk membeli oleh - oleh khas Solo tersebut.

Resep Kue Serabi Kuliner Khas Solo

Bagi anda yang belum sempat pergi ke Solo untuk menikmati lezatnya Serabi Solo, berikut ada resep untuk membuat serabi Solo :

Bahan :

200 gram tepung beras
3/4 sendok teh ragi
50 gram gula pasir
500 ml santan parutan 1 butir kelapa
3 lembar daun pandan agar harum atau wangi
1/4 sendok teh garam

Bahan sebagai isi Kue Serabi :

5 buah nangka, dipotong-potong kecil
15 gram cokelat atau meses
Bahan sebagai kuah Areh :
100 ml santan kelapa
1 sendok teh garam
1 daun pandan

Cara Membuat Kue Serabi Khas Solo :

1. Langkah pertama Campurkan santan,daun pandan,garam secukupnya dengan api sedang jangan terlalu panas sambil di aduk hingga mendidih apabila sudah mendidih angkat dan dinginkan.
2. Langkah kedua air santan yang sudah dingin campurkan ke tepung beras,ragi dan gula pasir sambil di aduk sampai rata dan diakan kira-kira 1 jam agar bumbu meresap.
3. Langkah ketiga siapkan tempat yang terbuat dari tanah panaskan setelah itu tuangkan adonan ke tempat yang sudah di panaskan hingga merata apabila adonan sudah mengembang jangan lupa taburkan isian yang sudah di buat tadi dan tutup tempatnya atau wajan agar adonan matang.
Tip Trik Membuat Kuah Areh :
1. Langkah pertama rebus santan,garam,daun pandan sambil terus diaduk hingga rata dan mengental kuah areh sudah siap dan diamkan hingga dingin.

Demikian resep masakan Indonesia khususnya kuliner khas Solo yaitu Serabi Solo. Anda bisa membuatnya untuk dijadikan menu makanan dirumah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Kue Serabi Kuliner Khas Solo"

Post a Comment