Kuliner Dieng Wonosobo : Carica

Kuliner Dieng Wonosobo : Carica - Dataran tinggi dieng merupakan tempat wisata di daerah Wonosobo di Jawa Tengah yang sudah sangat terkenal. Di Dieng Wonsobo ini ada buah yang tumbuh subur disini, namanya buah carica.

Pepaya gunung atau karika (sering ditulis carica alias Vasconcellea cundinamarcensis, syn. Carica pubescens) adalah buah keturunan pepaya. Tumbuhnya di daerah tinggi dengan beriklim basah, sekitar 1.500-3.000 mdpl. Buah ini juga dikenal dengan buahnya para Dewa oleh masyarakt sekitar.


Oleh warga sekitar buah ini diolah menjadi berbagai olahan makanan, salah satunya adalah manisan Carica yang kemudian menjadi salah satu kuliner Dieng Wonosobo yang sangat terkenal.

Jika dimakan langsung, rasanya cenderung asam. Oleh sebab itulah carica paling enak dibikin manisan. Ini merupakan produk khas dataran tinggi Dieng dan Wonosobo, biasanya dijual dalam botol selai ukuran 230 dan 250 gram. Pada saat jadi manisan, rasanya manis dan teksturnya seperti paduan buah pepaya dan nangka.

Tidak cuma itu saja, saus atau air manisan dari  biji carica pun tidak kalah istimewa. Selain manis, aromanya juga wangi dan menggugah selera. Harganya  lumayan murah, cuma belasan ribu rupiah per botolnya. Jika anda kebetulan ber wisata ke dataran tinggi Dieng Wonosobo, Anda bisa langsung menikmati segarnya kuliner Dieng Wonosobo ini atau dibawa sebagai buah tangan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kuliner Dieng Wonosobo : Carica"

Post a Comment