Kuliner Jogja : Tiwul Yu Tum Wonosari

Kuliner Jogja : Tiwul Yu Tum Wonosari - Wonosari adalah ibu kota salah satu kabupaten di Jogja, yakni Kabupaten Gunung Kidul. Kabupaten Gunung Kidul terkenal dengan wisata alamnya, terutama wisata Goa dan Pantai. Suasana alam yang masih asli menjadi daya tarik wisatawan akhir akhir ini. Belakangan wisata di Gunung Kidul semakin menggeliat selain Goa Pindul yang mulai dikenal di dunia pariwisata, juga banyak ditemukan pantai - pantai baru yang masih alami dan jarang dikunjungi wisatawan.

Nah, jika berwisata tentunya tidak jauh dengan yang namanya oleh - oleh. Oleh - oleh khas Wonosari, Gunung Kidul adalah Tiwul. Salah satu tempat pusat oleh - oleh khas Gunung Kidul adalah Tiwul Yu Tum. Tiwul sudah juga sudah menjadi salah satu kuliner Jogja yang khas dan banyak diburu para wisatawan.


tiwul adalah makanan yang terbuat dari geplak. Geplak ini adalah singkong yang dikeringkan. Proses membuat tiwul yakni geplak di tumbuk sampai halus, setelah halus barulah geplak dikukus. Biasanya penyajiannya di tambah dengan gula jawa serta kelapa parut diletakan di atasnya. Gula jawa yang diletakan di tiwul yang masih panas akan membuat gula jawa lumer di tiwul.

Salah satu makanan khas Gunung Kidul yang satu ini cukup banyak peminatnya. Salah satu gerai yang menjual makanan ini adalah gerai milik Yu Tum, Terletak di Jalan Pramuka 36 Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia.

Sejarahnya, dahulu makanan ini merupakan makanan kelas bawah. Pada masa pendudukan Jepang di Indonesia, warga Gunung Kidul memanfaatkan singkong sebagai bahan makanan. Salah satunya warga memanfaatkan singkong untuk diolah menjadi tiwul. tiwul menjadi makanan yang mudah dibuat dan juga mengenyangkan. Karena pada masa itu beras sulit didapat.

Namun sekarang tiwul ini sudah menjadi makanan kuliner Jogja yang derajatnya bisa disamakan dengan jajanan pasar lain. Tidak lagi memandang sebelah mata pada tiwul ini.

tiwul Yu Tum ini memang istimewa, karena geplaknya ditumbuk halus. Sehingga teksturnya setelah matang seperti ketika makan roti. Seperti yang saya jelaskan di atas, geplak Yu Tum ini juga memberikan gula jawa sebagai pemanisnya serta parutan kelapa. Selain itu ada fariasi rasa lain, seperti rasa keju dan cokelat, namun pembeli harus memesan terlebih dahulu untuk dapat menikmati ke dua rasa tersebut.

Selain sebagai makanan ringan biasa, geplak juga bisa di jadikan makanan pokok pengganti nasi. Untuk dijadikan mamakan pokok, tiwul cocok dimakan bersama sambel bawang dan juga belalang goreng yang juga makanan khas Gungung Kidul.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kuliner Jogja : Tiwul Yu Tum Wonosari"

Post a Comment