Wisata Kuliner Jogja : Gudeg Wijilan

Wisata Kuliner Jogja : Gudeg Wijilan - Kalau anda bertanya makanan khas Jogja semua pasti kompak menjawab Gudeg. Namun Jika ditanya dimana beli gudeg yang benar - benar khas Jogja, jawabannya pasti beragam karean saking banyaknya penjual gudeg di Jogja. Kuliner Jogja yang satu ini memang sudah melekat erat dengan kota Jogja. Para wisatawan yang berkunjung ke Jogja pasti penasaran dengan yang namanya gudeg. Oleh karena itu jangan sampai salah pilih untuk mencicipi kuliner Jogja yang satu ini.

Wijilan/Kampung Wijilan, sebelah Timur Alun-alun Utara Yogyakarta, tempat ini menjadi tempat pertama kalinya muncul dan terkenalnya gudeg di Yogyakarta. Kuliner khas jogja berbahan dasar nangka muda atau biasa disebut gori, yang dikukus sekitar 24 jam dalam suhu yang sangat panas untuk menguapkan kuahnya. Mayoritas Gudeg yang disajikan di beberapa warung di kawasan Wijilan merupakan gudeg kering dengan warna coklat tua kemerah-merahan dengan rasa yang manis dan gurih.


Di kawasan Wijilan anda bisa menikmati kuliner khas Jogja ini dengan berbagai lauk, mulai dari daging ayam dan telur yang direbus  dan dipindang hingga berwarna coklat, ditambahkan sambal krecek yang berbahan dasar tempe dan irisan krecek semakin membuat lidah anda bergoyang ketika menyantapnya, perpaduan rasa manis dan pedas yang begitu nikmat. Anda bisa menikmatinya ini dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp. 5.000 sampai puluhan ribu rupiah tergantung dari jenis lauk yang anda pilih untuk pelengkapnya. Bagi anda berminat untuk melihat proses pembuatannya, dari beberapa warung yang ada di Kampung Wijilan memperbolehkan anda untuk melihat langsung proses pembuatannya.

Untuk menuju lokasi sentra gudeg di kampung Wijilan sangatlah mudah, karena lokasinya yang berada di timur Alun-alun Utara Yogyakarta. Berbagai alat transportasi seperti andong, becak, taksi, kendaraan roda dua bahkan kendaraan roda empat dapat menjangkau kawasan tersebut, bahkan terdapat bus kota yang melewati jalur tersebut. Sehingga semakin memudahkan para wisatawan yang akan mencicipi kuliner khas Jogja ini.

Sebagai oleh-oleh khas dari Jogja, Kuliner khas yang sangat terkenal dan banyak terdapat di kawasan Wijilan sebagaian besar merupakan gudeg kering, maka mampu bertahan selama 3 hari, bertahan lama dan tidak mudah basi sehingga dapat anda jadikan oleh-oleh untuk kelurga dirumah. Dari Gudeg yang bisa bertahan lama dan cita rasa yang sangat menakjubkan inilah yang menjadikannya sangat terkenal oleh wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Seperti oleh – oleh yang lain, kuliner khas jogja ini juga mempunyai bungkus yang unik, yaitu dari besek, dari bambu yang dianyam ataupun dari kendil yang terbuat dari tanah liat. Ada juga kemasan yang lebih modern berupa kaleng, dan gudeg kaleng ini konon mampu bertahan lebih lama dari yang dikemas dengan kemasan tradisional.

Selain gudeg kering, di Jogja juga ada varian gudeg lainnya yaitu gudeg mercon dan gudeg manggar

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata Kuliner Jogja : Gudeg Wijilan"

Post a Comment